Longsor Menutup Jalan Penghubung di Cianjur Jabar

Longsor Menutup Jalan Penghubung di Cianjur Jabar
Jalan utama penghubung antardesa di Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Cianjur, Jawa Barat, terputus akibat longsor, tiga desa terisolir, Jumat (12/11). Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Jalan utama penghubung antardesa di Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Cianjur, Jawa Barat, terputus akibat longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur segera mengirim alat berat untuk membuka kembali jalan tersebut.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan pihaknya telah mengirim petugas dibantu Relawan Tangguh Bencana, untuk melakukan pendataan dan penanganan awal. Termasuk berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengirim alat berat ke lokasi agar jalan yang tertutup longsor agar dapat dilalui kembali.

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas PUPR Cianjur untuk menurunkan alat berat ke lokasi karena material longsor setinggi 5 meter dengan panjang 15 meter menutup landasan jalan utama penghubung antar desa. Data awal tiga desa terisolir, sehingga aktifitas warga terhambat," katanya saat dihubungi, Jumat.

Kepala Desa Pamoyanan Agus Sutiadawa mengatakan longsor yang menutup jalan utama penghubung antar desa di Kampung Lolongokan, Desa Pamoyanan, terjadi setelah hujan turun deras, sehingga menyebabkan tebing setinggi 20 meter ambruk dan menutup jalan utama antar desa, setinggi lima meter.

"Jalan utama penghubung tiga desa, Pamoyanan, Cikangkareng dan Sukamekar, tidak dapat dilalui karena longsor setinggi lima meter menutup akses jalan. Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Cianjur dan dinas terkait untuk menurunkan alat berat," katanya.

Tidak ada korban jiwa atau kerugian materiil dalam kejadian tersebut, namun aktifitas warga terhambat karena jalan terisolir. Meski ada jalan alternatif, kondisinya rusak berat dan sulit dilalui terutama kendaraan roda empat. Sehingga pihaknya berharap alat berat segera datang agar material longsor dapat disingkirkan.

"Kalau pakai alat manual mungkin lama karena tebalnya material longsoran berupa batu besar dan lumpur tebal. Untuk sementara warga yang hendak membawa hasil bumi harus memutar ke jalan lain dengan jarak tempuh menjadi lama dengan kondisi jalan rusak," katanya. (antara/jpnn)

Jalan utama penghubung antardesa di Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Cianjur, Jawa Barat, terputus akibat longsor.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News