Longsor Tutupi Tol Cipularang

Longsor Tutupi Tol Cipularang
Foto: Azam Munawar/RADAR BANDUNG/JPNN
BANDUNG – Tol Cileunyi, Padalarang (Cipularang), kembali diterjang longsor. Kali ini terjadi di kilometer 115,800 tepatnya di RW 07 Kampung Bojong Kiara, Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Longsor yang menutupi badan jalan tol itu terjadi pukul 11.30, Selasa (13/1), disebabkan ambrolnya tembok penahan tebing areal persawahan. Akibatnya, jalan tol dari arah Jakarta menuju Bandung ditutup.

Arus kendaraan dibuat dua arah dari Bandung–Jakarta dan Jakarta–Bandung. Truk kontainer dialihkan ke Jalan Raya Purwakarta. Hanya minibus dan kendaraan yang lebih kecil yang boleh melintas.

Humas Tol Purbaleunyi Iwan Mulyawan menjelaskan, diduga longsor terjadi karena bagian bawah tanah tebing yang gembur tergerus air hujan. Menurut dia, sebenarnya kilometer 114, 800 bukan prioritas pengawasan longsor. ’’Jasa Marga atau pengelola Tol Purbaleunyi justru lebih mengawasi kilometer 92, 96, 97 serta kilometer 98. Ini di luar kemampuan kami sebagai petugas,’’ ungkapnya.

BANDUNG – Tol Cileunyi, Padalarang (Cipularang), kembali diterjang longsor. Kali ini terjadi di kilometer 115,800 tepatnya di RW 07 Kampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News