Loop Line KA Belum Siap Diterapkan

Loop Line KA Belum Siap Diterapkan
Loop Line KA Belum Siap Diterapkan
JAKARTA - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perubungan Tundjung Inderawan memastikan rencana penerapan jalur kereta lingkar dalam kota Jakarta (loop line) tetap dilakukan. Soal uji coba pada hari pertama lalu yang memantik kekacauan, Tundjung mengakui loop line memang belum 100 persen siap diterapkan. Namun, dia menegaskan penerapan loop line hingga 100 persen benar-benar siap sudah menunjukkan arah yang benar.

’’Kalau menunggu siap 100 persen itu kapan mas" Selama pada pelaksanaannya aman, kita jalan terus. Masih ada yang perlu diperbaiki dan sekarang sudah menuju 100 persen siap,’’ tegasnya. Uji coba loop line akan berakhir besok. Tidak menutup kemungkinan uji coba serupa akan dilakukan kembali untuk memastikan kesiapannya sebelum diterapkan. Kepastian pelaksanaan uji coba lanjutan atau tidak akan menunggu hasil evaluasi uji coba loop line pekan ini berakhir.

Tundjung menegaskan, penerapan loop line bertujuan meningkatkan jumlah perjalanan kereta di Jakarta dan sekitarnya. Loop line juga menjadi solusi mengurangi overlapping rute kereta yang selama ini terjadi di beberapa titik. Dari hasil evaluasi sementara, jadwal keberangkatan lintasan Jakarta-Bekasi mulai kemarin ditambah satu. Penambahan dilakukan pada pagi hari saat jam padat berangkat kantor.

Beberapa perbaikan lain yang perlu dilakukan untuk penerapan loop line adalah sarana dan pra sarana pendukung jalur tersebut. Akses perpindahan dari satu peron ke peron lain menuju kereta loop line misalnya. Tundjung mengakui perpindahan antar peron dari feeder kereta menuju kereta loopline harus bisa nyaman dan mudah. Juga pada persoalan jadwal kereta. Menurut dia, jadwal kereta loop line harus sinergis dengan jadwal regular kereta feeder agar penumpang tidak menunggu terlalu lama saat akan berpindah ke jalur lingkar dalam kota tersebut.

JAKARTA - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perubungan Tundjung Inderawan memastikan rencana penerapan jalur kereta lingkar dalam kota Jakarta (loop

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News