Selasa, 20 Agustus 2019 – 03:29 WIB

Lorenzo Tak Mau Berhenti

Sabtu, 16 Oktober 2010 – 11:27 WIB
Lorenzo Tak Mau Berhenti - JPNN.COM

PHILLIP ISLAND - Kepastian gelar juara dunia MotoGP 2010 tak membuat Jorge Lorenzo kehilangan motivasi. Setelah memastikan meraih gelar dari hasil balapan di Sepang, Malaysia, pekan lalu, pembalap Fiat Yamaha itu masih bernafsu menjadi yang terbaik di balapan yang berlangsung di Australia. Buktinya, dalam sesi latihan yang berlangsung kemarin (15/10), Lorenzo langsung menjadi yang terbaik.

Meski sudah menjadi juara dunia, pembalap Spanyol itu tak ingin mengecewakan pendukungnya. Seperti diperlihatkan dalam latihan, pembalap Italia itu tampil sebagai yang tercepat dengan waktu terbaiknya, 1 menit 41,146 detik.

Sesi latihan kemarin sempat ditunda karena di beberapa tikungan digenangi air. Guyuran hujan deras sejak semalam sebelumnya membuat race director menunda sampai genangan air benar-benar lenyap setelah dikeringkan.

Kendati demikian, masih ada genangan kecil disertai tiupan angin cukup kencang. Hal itu jelas menjadi tantangan sekaligus kendala buat pembalap. Dalam kondisi seperti itu, Lorenzo menunjukkan bahwa dia masih berambisi memenangi balapan dengan melejit sebagai yang paling cepat.

"Hari ini merupakan pertama kali saya berada di atas motor setelah menjadi juara dunia, dan saya masih sangat bahagia. Kami tidak bisa berhenti sekarang. Kami harus terus melangkah dan mengakhiri musim ini dengan hasil yang terbaik, bekerja untuk masa mendatang," tutur Lorenzo seperti dikutip Autosport.

Meski menjadi yang tercepat, bukan berarti Lorenzo suka dengan kondisi basah dan berangin di Phillip Island. Selain lintasan yang sangat basah selama latihan satu jam itu, situasi juga semakin buruk akibat tiupan angin yang sangat kencang dan temperatur yang rendah. Berdasarkan ramalan cuaca, kondisi serupa atau malah tambah buruk, akan terjadi pada esok hari, termasuk saat kualifikasi.

"Kondisi hari ini benar-benar buruk. Saya sangat bahagia bisa begitu cepat dalam kondisi hujan. Sebenarnya, saya ingin membalap dalam kondisi kering, tetapi kami harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi," lanjutnya.

Lorenzo dapat mematahkan waktu tercepat pembalap tuan rumah Casey Stoner yang pada menit awal sesi latihan sempat menjadi yang tercepat selama beberapa menit. Sementara rekan setim Stoner di Ducati Marlboro, Nicky Hayden, membayang di urutan ketiga.

Kejutan dilakukan oleh Marco Simoncelli. Rookie dari tim Honda-Gresini ini menyodok di urutan keempat dengan hasil terbaiknya, 1 menit 41,881 detik. Bahkan, rekan setimnya yang lebih senior, Marco Melandri, masih kalah cepat 0,101 detik dan berada di urutan kelima.

Hasil buruk justru didapat rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi. Rossi mengakui, kondisi cuaca sangat tidak bersahabat. Inilah yang membuat "The Doctor" merasa sangat kesulitan sehingga terlempar ke urutan ketujuh.

"Setting motor untuk trek basah sudah bagus dan saya merasa cukup bahagia. Tetapi saya tidak mau menggeber terlalu kencang dalam kondisi seperti ini. Saya pikir kami bisa berubah, tetapi kami perlu menunggu dan melihat bagaimana cuaca besok. Kami berharap cuacanya cerah," kata Rossi.

Manajer tim Yamaha, Davide Brivio, merasa kru harus bekerja lagi untuk meningkatkan kecepatan Rossi. Performa M1 milik pembalap Italia itu tak terlalu memuaskan, sehingga dia terpuruk di urutan ketujuh.

"Motornya terasa bagus, tapi kami masih perlu waktu bekerja untuk melakukan setting motor Valentino dalam kondisi sulit seperti ini. Hari ini kami mencoba banyak hal berbeda, tapi tampaknya kami masih bisa membuatnya lebih nyaman," ujar Brivio.

"Kondisi trek sangat basah dan tampaknya besok akan lebih buruk. Tapi kami akan tetap bekerja dan berharap bisa melakukan sedikit perbaikan," terangnya. (ady)

Hasil Latihan MotoGP Australia
01. Jorge Lorenzo, Fiat Yamaha                 1 menit 41,146 detik
02. Casey Stoner, Ducati Marlboro             1:41,480
03. Nicky Hayden, Ducati Marlboro             1:41,631
04. Marco Simoncelli, Honda Gresini        1:41,881
05. Marco Melandri, Honda Gresini            1:41,982
06. Andrea Dovizioso, Repsol Honda        1:42,271
07. Valentino Rossi, Fiat Yamaha               1:42,626
08. Colin Edwards, Yamaha Tech 3           1:43,013
09. Randy de Puniet, LCR Honda               1:43,476
10. Loris Capirossi, Rizla Suzuki                1:43,984
11. Mika Kallio, Pramac Ducati                    1:44,179
12. Hiroshi Aoyama, Interwetten Honda     1:44,704
13. Hector Barbera, Aspar Ducati                1:45,695
14. Alvaro Bautista, Rizla Suzuki                  1:46,160
15. Aleix Espargaro, Pramac Ducati           1:48,127
16. Dani Pedrosa, Repsol Honda               1:51,210
17. Ben Spies, Yamaha Tech 3                    1:58,613
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar