LPEM FEB UI Sebut Perputaran Uang di Laga Timnas Indonesia vs Argentina Tembus Rp 1 Triliun

LPEM FEB UI Sebut Perputaran Uang di Laga Timnas Indonesia vs Argentina Tembus Rp 1 Triliun
Uang Rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) Yusuf Reza meyakini potensi perputaran uang menembus angka Rp 1 triliun dampak dari laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023).

Yusuf mengatakan angka itu akan bisa lebih tinggi lagi jika Timnas Argentina datang membawa skuad komplet beserta para bintangnya yang memiliki banyak fan di Indonesia seperti Lionel Messi, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi untuk ikut merumput di Stadion Utama GBK.

“Kami optimistis angka tersebut tercapai, namun pergelaran kemarin mengindikasikan bahwa potensi dampaknya bisa lebih besar lagi apabila Timnas Argentina datang dan bermain full team,” ujar Yusuf dalam keterangannya, Jumat (23/6/2023).

Yusuf menjelaskan penelitian yang dilakukan LPEM FEB UI mengukur potensi dampak ekonomi yang tercipta dari diselenggarakannya FIFA Match Day kemarin, berdasarkan sejumlah asumsi seperti jumlah penonton, rata-rata pengeluaran untuk makan minum, transportasi dan hotel serta pengeluaran untuk menyelenggarakan pertandingannya itu sendiri.

“Tentu untuk mengonfirmasi angka-angka tersebut perlu data dari berbagai pihak seperti penyelenggara, media, dan bisnis-bisnis lain,” ucapnya.

Menurut dia, ada nilai tambah ekonomi sebesar Rp 495 miliar atas terselenggaranya pertandingan tersebut jika dilihat dari antusiasme masyarakat yang hadir secara langsung untuk menyaksikan pertandingan yang bersejarah tersebut.

“Angka Rp 1 triliun merupakan potensi jumlah perputaran uang di seputaran FIFA Match Day tersebut. Namun, yang lebih perlu dicermati adalah potensi nilai tambah sebesar Rp 495 miliar. Kami meyakini angka tersebut tercapai mengingat FIFA Match Day Senin lalu berjalan sukses dan animo masyarakat terhadap pergelaran tersebut juga sangat tinggi,” kata Yusuf.

Lebih lanjut, Yusuf menyampaikan kesempatan kerja yang tercipta dari laga tersebut juga lumayan cukup tinggi sekitar 5.719 orang meskipun hanya bersifat temporer atau sementara.

Peneliti dari LPEM FEB UI Yusuf Reza meyakini potensi perputaran uang menembus angka Rp 1 triliun dari laga FIFA Match Day antara Indonesia vs Argentina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News