LSI: Erick Thohir Cawapres Paling Banyak Dipilih Etnis Jawa

LSI: Erick Thohir Cawapres Paling Banyak Dipilih Etnis Jawa
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir terus menjadi pilihan utama masyarakat untuk posisi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga menjadi pilihan utama pemilih beretnis Jawa di seluruh Indonesia, menurut temuan terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1 hingga 8 Juli 2023.

Erick Thohir terekam mendapatkan dukungan etnis Jawa terbesar di antara 12 kandidat cawapres. Ketum PSSI ini terekam mendapatkan dukungan sebesar 22,9 persen.

Di belakangnya ada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menparekraf Sandiaga Uno. Mereka masing-masing mendapatkan dukungan sebesar 12,3 persen dan 10,7 persen.

Dalam pemaparan hasil survei tersebut, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyatakan Erick Thohir secara umum terekam sebagai cawapres pilihan utama masyarakat saat ini.

Secara umum Erick Thohir bertengger di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 21,2 persen dalam simulasi 7 nama cawapres.

Sedangkan Ridwan Kamil dan Sandi memiliki elektabilitas sebesar 19,6 serta 17,5 sebagai cawapres.

"Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat. Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat,” terang Djayadi.

Menteri BUMN Erick Thohir terus menjadi pilihan utama masyarakat untuk posisi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News