JPNN.com

Luar Biasa! Ini Wujud Sinergi Bea Cukai Bekasi dan BNN Cegah COVID-19

Kamis, 09 April 2020 – 20:18 WIB
Luar Biasa! Ini Wujud Sinergi Bea Cukai Bekasi dan BNN Cegah COVID-19 - JPNN.com
Foto: kiriman dari Bea Cukai

jpnn.com, BEKASI - Bea Cukai memberikan pembebasan cukai etil alkohol yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan hand sanitizer, surface sanitizer dan antiseptik.

Pembebasan itu merupakan respons dari Bea Cukai melihat makin terbiasanya masyarakat untuk membersihkan tangan, baik dengan sabun maupun hand sanitizer berbahan dasar alkohol.

Tata cara pemberian pembebasan cukai etil alkohol tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 172/PMK.04/2019 dan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 43/BC/2017.

Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di seluruh Indonesia pun dituntut untuk bisa melakukan percepatan pelayanan dan bimbingan teknis terkait pembebasan cukai untuk penanggulangan COVID-19 ini, seperti yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Bekasi bekerja sama dengan BNN.

“Hari ini kami menyambut kehadiran perwakilan BNN di PT Sumber Kita Indah, yaitu Kasubdit Udara, Laut, dan Perairan Direktorat Interdiksi, Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Bapak Achmad Fatoni untuk bersinergi dalam pembebasan cukai atas produksi barang kena cukai berupa etil alkohol oleh PT Sumber Kita Indah,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Hatta Wardhana.

Ia juga mengungkapkan sebanyak 200 liter etil alkohol yang dibebaskan cukainya tersebut akan digunakan oleh BNN sebagai bahan dasar pembuatan hand sanitizer.

“Kami membantu memberikan arahan dan dukungan kepada BNN dan PT Sumber Kita Indah untuk mendapatkan fasilitas pembebasan cukai etil alkohol. Hal ini dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha industri dalam negeri, terhadap etil alkohol yang digunakan sebagai bahan baku atau bahan penolong dalam pembuatan barang hasil akhir yang bukan merupakan barang kena cukai dapat diberikan pembebasan cukai,” kata Hatta.

Senada dengan Hatta, Achmad Fatoni juga mengatakan hal ini merupakan misi kemanusiaan dan misi sosial.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek