Luar Biasa, Koleksi Penyanyi yang Baru Wafat ini Laku Setengah Triliun

Luar Biasa, Koleksi Penyanyi yang Baru Wafat ini Laku Setengah Triliun
Karya Air Power milik Bowie yang dilelang ini laku Rp 118 M. FOTO. efe

jpnn.com - Lelang koleksi seni milik mendiang David Bowie yang dilakukan selama dua hari di Sotheby’s London mampu memberikan pendapatan lebih dari 33 juta poundsterling atau Rp 554 miliar. Angka itu merupakan penjualan 365 karya, atau 65 persen dari keseluruhan benda seni, yang dikoleksi oleh penyanyi yang menghembuskan nafas terakhir pada Januari lalu.

Seperti dilansir New York TImes, benda-benda seni Bowie selama ini merupakan karya dari seniman ternama. Sebut saja Frank Auerbach, Jean-Michel Basquiat, dan Damien Hirst. Pihak keluarga sebelumnya telah mendata dan memilah benda seni yang akan dilelang dan yang tetap disimpan karena memiliki arti khusus bagi sang bintang

Nantinya uang hasil pelelangan itu akan tetap menjadi harta milik Bowie setelah dikurangi pajak. Balai lelang sendiri mengaku kaget dengan capaian yang di luar ekspektasi tersebut. Sebelumnya mereka memperkirakan. Benda seni itu laku di angka 8 juta – 11 juta poundsterling saja.

Salah satu koleksi yang laku paling mahal adalah Air Power milik seniman Basquiat dengan nilai 7,1 juta poundsterling atau setara dengan Rp 118 miliar. Tempat kedua diduduki lukisan Head of Gerda Boehm karya Frank Auerbach yang terjual dengan harga 3,8 juta poundsterling atau Rp 63,6 miliar. (JPNN/pda)         


Lelang koleksi seni milik mendiang David Bowie yang dilakukan selama dua hari di Sotheby’s London mampu memberikan pendapatan lebih dari 33


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News