Luar Biasa! Pertamina Menjadi BUMN Kontributor TKDN Terbesar di 2023

Luar Biasa! Pertamina Menjadi BUMN Kontributor TKDN Terbesar di 2023
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memberikan sambutan saat acara Business Matching 2024 'Belanja Produk Dalam Negeri' yang diselenggarakan di Sanur, Bali pada Kamis (7/3/2024). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, SANUR - Pertamina menunjukkan komitmen kuatnya dalam memaksimalkan penggunaan barang dan jasa dalam negeri.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Pertamina dalam meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di seluruh lini usahanya.

Tahun 2023, Pertamina Grup menjadi BUMN kontributor TKDN terbesar yang berkontribusi hingga 50 persen total TKDN BUMN.

TKDN BUMN 2023 mencapai sekitar Rp 800 triliun, sedangkan TKDN Pertamina Grup mampu mencapai Rp 374 triliun.

Atas pencapaian luar biasa tersebut Pertamina dianugerahi penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada acara Penggunaan Produk Dalam Negeri di The Meru Sanur, Bali, Kamis (7/3).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan capaian TKDN ini merupakan bukti nyata komitmen Pertamina dalam mengoptimalkan pemanfaatan barang dan jasa dalam negeri yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Jadi, kontribusi Pertamina di dalam TKDN ini sangat besar. Ini merupakan komitmen Pertamina yang bukan hanya untuk mencapai target semata, tetapi kita betul-betul ingin menambah terus pelaku-pelaku industri dalam negeri untuk makin berkiprah mengisi kebutuhan barang dan jasa untuk industri energi khususnya,” ujar Nicke.

Pertamina menunjukkan komitmen kuatnya dengan berhasil menjadi BUMN Kontributor TKDN terbesar di 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News