Luhut Datangkan Tim dari Belanda untuk Kaji Reklamasi

Luhut Datangkan Tim dari Belanda untuk Kaji Reklamasi
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mengundang tim ahli dari Belanda untuk mengkaji reklamasi di Teluk Jakarta. Langkah ini diambil untuk memenuhi aspek legalitas mega proyek tersebut.

Menurut Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, saat ini tim ahli dari Belanda yang berkolaborasi dengan tim ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah bekerja.

Tim gabungan tersebut bekerja untuk mempercepat pemenuhan studi dan legalitas proyek reklamasi yang sudah sangat mendesak untuk kebutuhan Jakarta.

Para pakar, kata Luhut, semua sepakat bahwa reklamasi sangat penting untuk menjaga keseimbangan tata ruang di Jakarta.

Bahkan, Luhut juga sempat berdiskusi dengan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda Melanie Schultz van Hagen, terkait dampak yang mungkin terjadi jika reklamasi tidak dilakukan.

Hasilnya? Menteri dari negara yang sukses dengan reklamasi tersebut berpendapat Jakarta sangat butuh reklamasi untuk perlindungan dari erosi dan banjir rob.

"Saya undang dan saya tanyakan ke ahli-ahli tersebut. Saya tanya di mana salahnya. Kita tidak temukan, kesimpulannya reklamasi memang harus jalan," tutur Luhut.

Lebih lanjut Luhut mengatakan, yang jarang diketahui publik adalah reklamasi berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan air bersih di Jakarta.

Pemerintah mengundang tim ahli dari Belanda untuk mengkaji reklamasi di Teluk Jakarta. Langkah ini diambil untuk memenuhi aspek legalitas mega proyek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News