Luncurkan KBS, Pemkot Bekasi Gandeng 33 RS

Luncurkan KBS, Pemkot Bekasi Gandeng 33 RS
Luncurkan KBS, Pemkot Bekasi Gandeng 33 RS
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat meluncurkan program Kartu Bekasi Sehat (KBS) sebanyak 100 ribu. Program yang diperuntukan bagi warga miskin ini sebagai penunjang pelayanan kesehatan gratis serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan sudah ada 33 rumah sakit swasta yang telah bekerja sama dengan Pemkot untuk menampung pasien tidak mampu dan mendapat perawatan gratis di ruang kelas III. RSUD Kota Bekasi juga menjadi bagian dari program ini.

"Ini tahap awal dan akan dilanjutkan secara bertahap. Dan realisasinya tahun 2013 mendatang. Pemkot Bekasi akan mengalokasikan anggaran Rp 27 miliar untuk pembiayaan pelayanan kesehatan gratis. Dan jika ternyata Rp 27 miliar itu hanya sampai enam bulan, akan kita tambah lagi melalui Anggaran Perubahan,” ujar Bang Pepen, sapaan akrab Rahmat Effendi di Bekasi, Kamis (13/12).

Rahmat Effendi berharap dengan KBS ini masyarakat akan lebih mudah dalam pengurusan administrasi dibanding pengurusan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) jika ingin berobat ke puskesmas dan rumah sakit. Kata dia, cukup dengan rekomendasi Rukun Tetangga (RT), pasien tidak mampu dapat dibawa ke rumah sakit secepatnya. Untuk mendapat kartu ini, warga harus memiliki KTP Bekasi lalu mendaftar di database secara online.

BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat meluncurkan program Kartu Bekasi Sehat (KBS) sebanyak 100 ribu. Program yang diperuntukan bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News