M Nuh Mengenang Masa Kuliah

M Nuh Mengenang Masa Kuliah
M Nuh Mengenang Masa Kuliah
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M. Nuh salut terhadap mahasiswa miskin yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi tahun ini. Hal itu mengingatkan dia akan pengalaman pribadi semasa menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

"Semua mahasiswa penerima beasiswa tidak boleh malu, harus percaya diri, saya juga dulu begitu," ujar Nuh. Mantan Menkominfo itu menyatakan pernah minder saat berkuliah. Tapi, rasa tersebut dia tepis dengan kegiatan positif.

Nuh membangun rasa percaya diri itu dengan berbagi ilmu kepada masyarakat sekitar. Dia kala itu memberikan les privat kepada anak-anak di sekitar rumahnya. "Kadang sore atau malam, saya ngelesi anak SD, SMP, dan SMA," papar dia.

Les privat tersebut, lanjut Nuh, merupakan salah satu upaya meningkatkan rasa percaya diri untuk bersaing secara akademis. Mantan rektor ITS itu menambahkan, pengalaman menerima beasiswa tersebut wajib disampaikan kepada seluruh masyarakat. "Kalau tidak mampu secara finansial, tapi pintar, seseorang harus diberi semangat," tutur pria yang menempuh pendidikan S-2 dan S-3 di Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier, Prancis, itu.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M. Nuh salut terhadap mahasiswa miskin yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi tahun ini. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News