MA Prioritaskan Sidang Keliling

MA Prioritaskan Sidang Keliling
MA Prioritaskan Sidang Keliling
JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung, Harifin Tumpa menutup regional Asia Pasifik Pertama, Asia Pasifik International Association For Court Administration (IACA) 2011, Rabu (16/3) di ruang Kusumah Atmadja, Gedung MA.

Hadir dalam acara tersebut para pimpinan MA, para ketua Mahkamah Agung peserta konferensi, hakim agung, peserta konferensi dan para tamu undangan. "Hasil konferensi memberikan kesimpulan maupun rekomendasi dan semuanya dapat memperkaya khasanah keadilan dimasa depan. Peserta konferensi saling berbagi informasi dan berdiskusi mengenai akses keadilan terhadap masyarakat miskin, perempuan dan anak-anak, remaja yang bermasalah dengan hukum, dan akses keadilan dalam konteks kemanusiaan," kata Tumpa dalam sambutannya.

Ditambahkan, Mahkamah Agung mengusung beberapa agenda sebagai bentuk dari akses terhadap keadilan. Dengan dikeluarkanya surat edaran MA nomor 10 tahun 2010 tentang pedoman pemberian bantuan hukum yang berlaku pada empat lingkungan peradilan.

Menurutnya, semua ini penting dan mendasar bagi akses keadilan karena mengatur operasional pemberian bantuan hukum dengan mengatur pembentukan dan pengelolaan pos bantuan hukum, pengelolaan jasa bantuan advokat, pembebasan biaya perkara pada perkara perdata serta revitalisasi sidang keliling dan zitting plaats (sidang di luar pengadilan).

JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung, Harifin Tumpa menutup regional Asia Pasifik Pertama, Asia Pasifik International Association For Court Administration

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News