Maafkan Bawaslu Sragen, Papera: Kami Ingin Berpolitik Secara Santun

Maafkan Bawaslu Sragen, Papera: Kami Ingin Berpolitik Secara Santun
Puluhan anggota Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra berkunjung ke Pasar Kota Sragen Sukowati, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pada Kamis (24/8/2023) pagi. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan anggota Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra berkunjung ke Pasar Kota Sragen Sukowati, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pada Kamis (24/8/2023) pagi.

Mereka berniat menyerap aspirasi dan berinteraksi dengan para pedagang sekaligus memantau perkembangan harga di pasar.

Namun, kedatangan mereka sempat dilarang oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen Dwi Budhi Prasetya yang mengingatkan supaya tidak menggunakan atribut partai dan bergambar wajah Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merupakan bakal calon presiden saat masuk ke dalam pasar.

"Pada Kamis 24 Agustus 2023 pagi kami berkunjung ke Pasar Sukowati Sragen, tapi kehadiran kami dilarang oleh pihak Bawaslu untuk menyapa teman-teman kita yang sesama pedagang. Kami tidak melakukan kampanye, karena kalau kampanye itu membawa alat peraga dan melakukan mobilisasi orang," Kata Ketua Umum Papera Don Muzakir dalam keterangannya, Jumat (25/8).

Setelah mendapatkan penjelasan dan tak ingin berdebat panjang, akhirnya puluhan anggota Papera yang dipimpin Don Muzakir urung masuk pasar. 

Mereka melanjutkan persiapan pelantikan pengurus dan anggota DPC Papera Sragen.

"Atas insiden tersebut kami menyampaikan sikap, bahwa kami sangat menghormati peringatan Bawaslu dan menekankan pentingnya berpolitik dengan cara yang santun dan memelihara kesatuan. Meskipun saat ini belum memasuki masa kampanye dan belum ada penetapan calon presiden oleh KPU," Imbuhnya.

Meski Bawaslu Sragen dinilai melakukan kekeliruan dalam penerapan aturan, namun Don Muzakir menegaskan bahwa pihaknya telah memaafkan.

Puluhan anggota Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra berkunjung ke Pasar Kota Sragen Sukowati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News