Mabes Polri Akan Periksa Sisno

Mabes Polri Akan Periksa Sisno
Mabes Polri Akan Periksa Sisno
JAKARTA – Aksi solidaritas terhadap pemidanaan jurnalis, sedikit membuahkan hasil. Mabes Polri akan memanggil Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Irjen Pol Sisno Adiwinoto untuk dimintai keterangan.

jpnn.com - Wakil Kepala Divisi Humas, Brigjen Pol Sulistiyo Ishaq, mengungkapkan, keterangan Sisno, diperlukan terkait kebijakannya yang menjadikan wartawan sebagai tersangka dengan jeratan pasal kasus pencemaran nama baik sesuai KUHP.

"Tapi kita lihat dulu siapa pelapornya, saya belum tahu,” tukasnya saat dicecar wartawan, usai menerima perwakilan AJI Indonesia, di Mabes Polri Jalan Trunojoyo. Sulistiyo menegaskan, Polri akan bertindak independen dalam kasus ini.

Untuk itu, terkait dengan laporan organisasi pers untuk dugaan abuse of power yang dilakukan Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Sisno Adiwinoto, yang bersangkutan akan dimintai keterangannya.

“Dalam proses penyidikan siapa pun yang terlibat dalam satu kasus dan keterangannya dibutuhkan akan dimintai keterangan. Bukan karena Pak Sisno, bukan karena kapolda tapi siapa pun dalam kasus apa pun akan diperlakukan demikian," paparnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Polda Sulselbar telah menetapkan wartawan bernama Upi Asmaradhana sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik Kapolda Sumselbar. Upi dilaporkan karena tulisannya dinilai berisi fitnah kepada Kapolda Sumselbar Irjen Pol Sisno Adiwinoto.

Tindakan Upi sendiri, menanggapi pernyataan Kapolda Sulsel yang meminta masyarakat langsung melaporkan apabila ada pemberitaan yang kurang berkenan tanpa harus melalui mekanisme hak jawab.

Mantan koresponden Metro TV Makasar ini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik dalam tulisan tentang kasus anti kriminalisasi pers. Walau demikian, tidak dilakukan penahanan atas Upi, terkait statusnya sebagai tersangka tersebut.(lev)

JAKARTA – Aksi solidaritas terhadap pemidanaan jurnalis, sedikit membuahkan hasil. Mabes Polri akan memanggil Kapolda Sulawesi Selatan dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News