Mabes Polri Beberkan Mengapa Samad tak Ditahan

Mabes Polri Beberkan Mengapa Samad tak Ditahan
Ketua KPK nonaktif Abraham Samad. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua KPK non aktif Abraham Samad, tersangka dugaan pemalsuan dokumen batal ditahan Polda Sulselbar, kemarin (28/4). Polri menyatakan penahanan batal dilakukan karena mantan pengacara itu kooperatif.

Kadiv Humas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan, memang sudah ada kesepakatan antara KPK maupun Polri.

Namun, tegas dia, batalnya penahanan Samad itu bukan karena kesepakatan Polri dan KPK. "Tapi, bukan karena itu. Karena Pak Abraham Samad kooperatif. Soal penahanan itu kewenangan mutlak penyidik, Polri harus legowo,” tegas Anton, Rabu (29/4).

Dia pun mengatakan, penahanan itu bersifat "dapat" yang artinya tak wajib. Nah, Anton mengatakan, ini juga bisa jadi pembelajaran buat masyarakat bahwa tak semua tersangka atau terduga itu ditahan. "Itu salah satu bentuk keluwesan hukum," katanya.

Menurutnya, saat ini berkas Abraham Samad tengah diperiksa kejaksaan. "Mudah-mudahan pekan ini atau pekan depan sudah P21 (lengkap)," kata Anton. (boy/jpnn)


JAKARTA - Ketua KPK non aktif Abraham Samad, tersangka dugaan pemalsuan dokumen batal ditahan Polda Sulselbar, kemarin (28/4). Polri menyatakan penahanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News