Macan Tamil Kibarkan Bendera Putih

Macan Tamil Kibarkan Bendera Putih
Foto: REUTERS
COLOMBO - Militer Sri Lanka mengklaim kemenangannya atas Macan Tamil. Kelompok pemberontak itu meletakkan senjata setelah daerah kekuasaan terakhir mereka dikuasai tentara pemerintah. Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa dijadwalkan mengumumkan penghentian operasi militer melawan pemberontak Tamil tersebut di depan parlemen besok (19/5).

Memang, pernyataan menyerah itu bukan kali pertama diucapkan oleh Macan Tamil. Kalaupun kali ini benar, pertumpahan darah selama 25 tahun tersebut usai sudah. "Pertempuran itu telah menemui akhir yang pahit," ujar Selvarasa Pathmanathan, juru bicara pemberontak, seperti dikutip Tamilnet.com, situs pro pemberontak.

Dia berdalih, "Warga kami sekarat karena bom, sakit, dan kelaparan. Kami tak ingin penderitaan mereka bertambah. Kami telah memutuskan untuk meletakkan senjata."

Kelompok pemberontak yang punya nama formal Liberation Tigers of Tamil Eeelam (LTTE) itu melawan demi kemerdekaan kaum minoritas Tamil sejak Juli 1983. Sekitar 70 ribu warga sipil menjadi korban dalam perang saudara tersebut.

COLOMBO - Militer Sri Lanka mengklaim kemenangannya atas Macan Tamil. Kelompok pemberontak itu meletakkan senjata setelah daerah kekuasaan terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News