Madrasah Punya Peran Strategis Ajarkan Pancasila

Madrasah Punya Peran Strategis Ajarkan Pancasila
Sekretaris Jenderal MPR Ma"ruf Cahyono. Foto: mpr.go.id

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono menyatakan, madrasah merupakan salah satu lembaga penting untuk mensosialisasikan Empat Pilar Bangsa. Sebab, madrasah sebagaimana lembaga pendidikan lainnya punya peran strategis untuk membangun karakter anak-anak bangsa.

Ma’ruf mengatakan hal itu dalam diskusi dan bedah buku berjudul "Masa Depan Pendidikan Madrasah Menuju Indonesia Emas 2045" di Jakarta, Selasa (3/5). “Madrasah dan MPR memiliki tujuan yang sama dalam membangun karakter bangsa,” katanya.

Ia menjelaskan, sebagaimana Undang-Undang Nomr 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD maka lembaga negara yang kini dipimpin Zulkifli Hasan itu memang mendapat amanat untuk mensosialisasikan Pancasila. Selain itu, katanya, tugas MPR juga menyerap aspirasi dan merespons kehendak masyarakat.

“MPR mempunyai visi sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila,” tegasnya.

Sedangkan salah satu pemateri dalam diskusi itu, Anang mengatakan, madrasah telah mengalami perubahan bentuk dalam perjalanan waktu. Menurutnya, sebagian kalangan muslim memilih madrasah karena menganggapnya sebagai lembaga pendidikan yang lebih formal dibanding pesantren.

Selain itu, sambung Anang, madrasah juga mengalami modernisasi. Tuntutan akan generasi yang punya skill membuat madrasah memasukkan mata pelajaran ilmu-ilmu umum.

Hal itu pula yang membuat madrasah punya nilai plus. “Siswa madrasah diakui memiliki akhlak yang lebih baik dibanding dengan pendidikan sekuler, sehingga madrasah disebut sebagai lembaga penyeimbang,” katanya.
 
Namun, ada pula tantangan bagi madrasah. Sebab, siswa madrasah terbebani dengan berbagai pelajaran agama dan ilmu-ilmu umum sehingga kelelahan. “Inilah  tantangan untuk melahirkan generasi emas,” ulasnya.(adv/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News