Magna Charta Politika: AHY dan Puan Puncaki Elektabilitas Cawapres 2024

Magna Charta Politika: AHY dan Puan Puncaki Elektabilitas Cawapres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memuncaki survei elektabilitas cawapres yang dilakukan oleh Magna Charta Politika. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei yang dilakukan lembaga survei Magna Charta Politika menunjukkan nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi cawapres dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Elektabilitas AHY itu berada di puncak dengan 24,1 persen.

"Posisi kedua ada anak Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputeri yakni Puan Maharani sebanyak 16,3 persen, dan di posisi ketiga ada nama Sandiaga Uno meraih 12,1 persen, keempat ada Ridwan Kamil yang meraih kepercayaan sebesar 8,9 persen," kata Direktur Kajian Magna Charta Politika, Wildan Ramadhan Wijaya dalam keterangannya, Selasa (4/10)

Posisi keenam, lanjut Wildan, ada nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di posisi ketujuh, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di posisi kedelapan.

"Di posisi kelima ada Jenderal (TNI) Andika Perkasa sebanyak 3,9 persen, keenam Susi Pudjiastuti 2,6 persen, dan ketujuh berhasil didapat oleh Khofifah Indar Parawansa yang mendapat kepercayaan 1,8 persen," jelas Wildan.

Melengkapi sepuluh besar, lanjutnya, ada Menteri BUMN Erick Thohir di posisi kedelapan Erick Thohir dengan elektabilitas sebesar 1,2 persen, disusul Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di posisi kesembilan dan kesepuluh dengan elektabilitas 0,9 persen dan 0,2 persen.

"Dan yang belum menentukan pilihan masih ada sebanyak 25,9 persen," jelasnya.

Survei Magna Charta Politika sendiri dilakukan pada 18-29 September dengan jumlah responden sebanyak 2.000 yang tersebar di 34 provinsi.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memuncaki survei elektabilitas cawapres yang dilakukan oleh Magna Charta Politika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News