Mahasiswa Didorong Majukan Potensi Desa Lewat Teknologi Digital

Mahasiswa Didorong Majukan Potensi Desa Lewat Teknologi Digital
Mahasiswa bisa mendampingi masyarakat desa agar mampu mengembangkan potensi desanya melalui pemanfaatan teknologi digital. Foto dokumentasi Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa didorong ikut serta memajukan potensi desanya masing-masing dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi digital.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan literasi digital atau pemahaman digital yang baik kepada lapisan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Mahasiswa bisa mendampingi masyarakat desa agar mampu mengembangkan potensi desanya melalui pemanfaatan teknologi digital," kata Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo), Bambang Tri Santoso, dalam keterangan resminya, Senin (22/8).

Dengan adanya percepatan transformasi digital, maka yang perlu diketahui adalah bagaimana utilisasinya kepada masyarakat.

Salah satunya tentang bagaimana menggunakan internet itu secara baik dan benar, kreatif, dan produktif sehingga membantu dalam kehidupan sehari-hari.

"Internet memiliki sisi positif dan negatif, sehingga perlu dimanfaatkan secara bijak," katanya.

Kemenkominfo bersama Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) dan Pandu Digital Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan Literasi Digital Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UNU untuk desa-desa di NTB. 

Kegiatan Literasi Digital KKN dilaksanakan pada 8-9 Agustus 2022 di 10 desa secara luring dan serempak, yaitu Desa Gunung Sari, Desa Batulayar, Desa Senggigi, Desa Kediri, Desa Lembar Selatan, dan Desa Dasan Gria.

Mahasiswa didorong memajukan potensi desa lewat teknologi Digital yang kini berkembang pesat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News