Mahasiswa Kecam Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir ke Laut

Mahasiswa Kecam Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir ke Laut
Partisipasi Mahasiswa Pencinta Lingkungan (PMPL) melakukan aksi di depan Kedubes Jepang buntut diumumkannya pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke laut pasifik oleh pemerintah Negeri Sakura. Foto: Dok. PMPL

jpnn.com, JAKARTA - Partisipasi Mahasiswa Pencinta Lingkungan (PMPL) melakukan aksi di depan Kedubes Jepang buntut diumumkannya pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke laut pasifik oleh pemerintah Negeri Sakura.

Para mahasiswa meminta pemerintah Jepang tidak menjalankan rencana tersebut.

PMPL yang terdiri dari mahasiswa melakukan aksi di depan Kedutaan Besar Jepang, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (21/3).

Mereka melakukan aksinya dengan menggunakan pakaian antizat radioaktif dan poster menolak air limbah nuklir.

"Aksi ini sebagai simbol dan bentuk penolakan. Atas nama kemanusiaan, tolak rencana pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke Laut Pasifik," kata Koordinator PMPL Kevin dalam keterangannya.

Kevin menyampaikan air limbah nuklir dari PLTN Fukushima mengandung zat tritium dan unsur radioaktif berbahaya lainnya.

Kemudian, kevin menyampaikan unsur radioaktif tersebut akan mengalir terbawa arus laut dan berkontaminasi ke lautan Indonesia.

Karena itu, air limbah nuklir dapat merusak ekosistem laut, bahkan menyebabkan kematian biota laut.

Mahasiswa Pencinta Lingkungan melakukan aksi di depan Kedubes Jepang buntut diumumkannya pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke laut pasifik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News