Rabu, 24 Oktober 2018 – 08:05 WIB

Mahasiswa UGM Ini Namanya Dobrak Tirani Tegak Nurani

Sabtu, 22 September 2018 – 00:45 WIB
Mahasiswa UGM Ini Namanya Dobrak Tirani Tegak Nurani - JPNN.COM

jpnn.com - Tiga bersaudara punya nama unik: Dobrak Tirani Tegak Nurani, Tohpati Bela Nurani, dan Sentry Voxdei Rahmi Nurani. Ketiganya lahir di saat ada momen penting sejarah perjalanan Indonesia. Tepatnya saat pra dan pascareformasi.

JAUH HARI WS, Sleman

Begitu mendengar Dobrak Tirani Tegak Nurani pikiran bakal langsung tertuju pada seruan aktivis prodemokrasi saat unjuk rasa. Terutama aksi demonstrasi mahasiswa menentang Orde Baru. Persisnya unjuk rasa menjelang lengsernya Presiden Soeharto.

Namun, Dobrak Tirani Tegak Tirani ternyata bukan hanya ”milik” aktivis pergerakan. Melainkan juga ”milik” seorang pemuda.

Ya, Dobrak Tirani Tegak Tirani adalah nama seorang pemuda. Bagaimana pemuda kelahiran 24 Juli 1996 itu bisa diberi nama nyentrik? Kusuma Prabawa, sang ayah bercerita bahwa lahirnya putra sulungnya itu memang sangat lekat dengan perjalanan demokrasi di Indonesia.

Terutama betapa orde baru sewenang-wenang terhadap kelompok manapun yang menentang rezim. Seperti peristiwa penyerangan DPP PDI versi Megawati Soekarnoputri pada 27 Juli 1996.

Pada peristiwa yang sering disebut dengan Kudatuli (kerusuhan dua puluh tujuh Juli), kelompok Soerjadi dibantu aparat menyerang DPP PDI pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Di mata Kusuma, sapaan Prabawa Kusuma, peristiwa bersejarah itu sangat memilukan. Bagaimana perebutan kekuasaan menyebabkan perpecahan dan pertumpahan darah antarsesama anak bangsa. Peristiwa itu sekaligus sebagai tonggak sejarah gerakan prodemokrasi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar