Mahfud MD kepada Pj Kepala Daerah: Waspadai Politik Identitas di Pemilu 2024

Mahfud MD kepada Pj Kepala Daerah: Waspadai Politik Identitas di Pemilu 2024
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta penjabat kepala daerah mengawal Pemilu 2024 mendatang. 

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengingatkan para pj kepala daerah agar mewaspadai adanya politik identitas hingga polarisasi pada pesta demokrasi itu. 

"Perlu diwaspadai berkembangnya politik identitas yang membangun polarisasi yang mengarah kepada SARA dalam Pemilu Serentak 2024 nanti," kata Mahfud MD dalam rapat koordinasi bersama puluhan pjs kepala daerah yang hadir secara offline di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/6).

Menurut dia, polarisasi tersebut berdampak terhadap perpecahan di masyarakat sehingga membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini bisa memberikan dampak ke masyarakat menjadi terkotak-kotak, bahkan dapat terbelah kalau tidak diantisipasi dari sekarang sehingga bisa membahayakan keutuhan NKRI," ujar Mahfud.

Mantan anggota DPR itu juga mengimbau para pj kepala daerah agar menghindari praktik korupsi. 

"Pada saat ini marak sekali terjadi korupsi di pemerintahan. Pada 2022 ini saja, KPK telah melakukan OTT terhadap enam orang kepala daerah. Ini 2022 baru setengah tahun," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, modus operandi praktik korupsi itu sebagian besar ialah perbuatan suap terkait proyek infrastuktur.

Mahfud MD meminta kepada Pj kepala daerah mewaspadai berkembangnya politik identitas yang membangun polarisasi dan mengarah pada SARA di Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News