Mahfud MD Layak Jadi Cawapres Jokowi, Nih Alasannya

Mahfud MD Layak Jadi Cawapres Jokowi, Nih Alasannya
Mahfud MD menjadi salah satu pria yang dianggap cocok dengan Jokowi. Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dinilai sebagai figur yang paling layak untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. Pasalnya, Mahfud disebut-sebut bakal menguatkan posisi Jokowi dalam beberapa hal antara lain elektabilitas hingga penerimaan di kalangan Muslim.

“Memang tidak ada calon wakil presiden yang sempurna. Tetapi, kami bisa mengatakan bahwa Mahfud merupakan sosok yang bisa melengkapi kebutuhan Pak Jokowi saat ini. Paling tidak dalam beberapa hal,” kata Peneliti senior Poltracking Indonesia, Ahmad T Wibowo, dalam siaran persnya, Kamis (2/8).

Alasan pertama, menurut Wibowo, Mahfud merupakan figur yang mampu menutup kebutuhan elektabilitas Jokowi. Apabila Jokowi menggandeng Mahfud maka peluang untuk menang pada pilpres 2019 lebih besar.

“Masih ada waktu untuk menaikkan citranya dalam memperkuat elektabilitas Jokowi,” ujar Bowo, sapaan akrabnya.

Alasan kedua adalah Mahfud MD merupakan figur yang akan diterima di kalangan Muslim. Dengan menggandeng Mahfud, menurut Bowo, Jokowi dapat menepis opini selama ini berseberangan dengan kalangan Muslim.

Ketiga, menurut Bowo, Mahfud juga akan diterima oleh partai koalisi pendukung pemerintah, minimal tidak mengganggu koalisi Jokowi.

“Mahfud juga dikenal sebagai tokoh Muslim moderat yang kapabel dan berintegritas serta mendapat dukungan masyarakat antikorupsi dan civil society," kata dia.

Keempat, Bowo menerangkan, secara ketokohan, Mahfud juga dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan relatif dapat diterima oleh seluruh partai koalisi. “Jadi jika kalkulasi atas aspek-aspek tersebut yang dinilai, maka sosok Mahfud MD paling cocok mendampingi Pak Jokowi," kata dia.

Peneliti senior Poltracking Indonesia, Ahmad T Wibowo mengatakan Mahfud merupakan sosok yang layak sebagai Cawapres untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News