Mahfud MD Sebut Soekarno Bukan Penganut Sekularisme, Tetapi

Mahfud MD Sebut Soekarno Bukan Penganut Sekularisme, Tetapi
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan). Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa Ir Soekarno atau Bung Karno bukan penganut sekularisme karena pada dasarnya adalah seorang santri.

"Bung Karno pada dasarnya santri. Kalau santri diistilahkan dengan orang Islam yang menjalankan ajaran agamanya, seperti melaksanakan salat lima waktu, naik haji, puasa, dan sebagainya. Dari sudut itu Bung Karno santri," kata Mahfud, Selasa (18/8).

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat webinar nasional bertema "Kontekstualiasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara, Falsafah Hidup Bangsa dan Ideologi Negara" dan peluncuran buku karya Prof Dr Hamka Haq berjudul "Asas Kehidupan Berbangsa dan Bernegara: Jejak Pemikiran Soekarno" yang disiarkan secara daring.

Mahfud menjelaskan bahwa dalam pandangan tokoh Islam ketika itu ada dua aliran, yakni mereka yang menginginkan bahwa Islam harus membentuk negara agar Islam maju, seperti diwakili oleh M Nasir.

Akan tetapi, kata dia, ada pula tokoh yang berpandangan agar Islam maju harus dipisahkan dari negara, termasuk salah satunya adalah Bung Karno.

Jejak pemikiran Bung Karno tentang Islam, kata Mahfud, bisa ditelusuri pada tulisan-tulisannya di Majalah Pandji Islam sejak tahun 1938, antara lain "Memudakan Pengertian Islam", "Apa Sebab Turki Memisah Agama dari Negara", "Masyarakat Onta dan Masyarakat Kapal Udara, dan "Islam Sontoloyo".

Pemikiran-pemikiran Bung Karno itu, kata dia, justru menunjukkan sifat dan semangat Presiden pertama RI itu dalam membangun Islam tanpa dikaitkan dengan negara.

Namun, Mahfud mengatakan Bung Karno menyadari bahwa kedua pandangan itu perlu dipertemukan dan dikompromikan.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa Ir Soekarno atau Bung Karno bukan penganut sekularisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News