JPNN.com

Mahfud MD Tegaskan Pancasila Tetap Lima Sila dalam RUU BPIP

Kamis, 16 Juli 2020 – 20:15 WIB
Mahfud MD Tegaskan Pancasila Tetap Lima Sila dalam RUU BPIP - JPNN.com
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mahfud MD menegaskan Pancasila yang terdapat dalam RUU BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) tidak berubah, jumlahnya lima sila.

Hal ini disampaikan Mahfud saat konferensi pers usai menyerahkan Surat Presiden (Surpres) beserta Naskah Akademik dan draft RUU BPIP usulan pemerintah ke DPR, di Kompleks Parlemen, Kamis (16/7).

Menurut Mahfud, sebagaimana disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani, dalam konsideran RUU BPIP sudah terdapat TAP MPRS Nomor 25/1966 tentang Pelarangan PKI dan ajaran Komunisme, Marxisme dan Leninisme.

"Yang kedua, perumusan Pancasila kita kembali apa yang dulu dibacakan Bung Karno pada 18 Agustus tahun 1945 yaitu Pancasila yang sekarang tertuang di dalam pembukaan dengan lima sila dalam satu kesatuan makna dan satu tarikan napas pemahaman," ucap Mahfud.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini juga menyebutkan bahwa RUU BPIP ini merupakan sumbang saran dari pemerintah kepada DPR.

Dia juga mempersilakan bagi masyarakat untuk mengupas RUU tersebut.

"Tadi kami bersepakat ini akan dibuka seluas-luasnya masyarakat yang ingin berpartisipasi membahasnya dan mengkritisinya, silakan," tegas Mahfud.

BACA JUGA: Mahasiswi Ini Tajir dan Bergaya Hidup Mewah, Ternyata Hasil dari Menipu, Begini Modusnya

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi