Majapahit (bukan) Kerajaan Maritim!?

Majapahit (bukan) Kerajaan Maritim!?
Relief kapal bercadik di candi Borobudur. Foto: Istimewa.

jpnn.com - SATU di antara ciri bangsa maritim, paling tidak masyarakat setempat memiliki kapal. Nah, seperti apa rupa kapal Majapahit? 

Bambang Budi Utomo, peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional mengatakan, belum ada peneliti yang mengetahui bentuk kapal Majapahit. 

"Kalau ada yang cerita bahwa kapal Majapahit bentuknya begini, ukurannya begitu, itu omong kosong...!," tandasnya saat berbincang dengan JPNN.com, di sela perhelatan acara Jalur Rempah, di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (24/10) sore.  

Mengintip sejumlah literatur sejarah, kabarnya Kerajaan Majapahit pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500. 

Menurut Tomi, begitu arkeolog terkemuka itu karib disapa, saking banyaknya sampai sulit menghitung jumlah peneliti yang pernah mencari tahu gambar, bentuk dan sosok kapal Majapahit. Tapi hasilnya nihil. 

Yang justru sudah diketahui adalah bentuk kapal Sriwijaya, kerajaaan yang lebih dahulu berjaya ketimbang Majapahit. Yakni, kapal bercadik yang termaktub di relief candi Borobudur. 

"Kalau tentang kapal Sriwijaya sudah diketahui. Kapalnya pernah ditemukan. Cerita tentang kapal Sriwijaya juga banyak tercatat dalam literatur lawas. Bentuknya seperti yang terpahat di candi Borobudur itu," katanya. 

Tomi tak menampik bahwa banyak cerita yang menyebutkan Majapahit punya kapal dan pernah berlayar kian kemari, tapi itu perlu pembuktian ilmiah...(wow/jpnn) 

SATU di antara ciri bangsa maritim, paling tidak masyarakat setempat memiliki kapal. Nah, seperti apa rupa kapal Majapahit?  Bambang Budi Utomo,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News