Mak Ganjar Gelar Pelatihan Untuk Tingkatkan Keahlian Perajin Batik Cirebon

Mak Ganjar Gelar Pelatihan Untuk Tingkatkan Keahlian Perajin Batik Cirebon
Kegiatan pelatihan yang diadakan Mak Ganjar Jabar kepada perajin batik Cirebon. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Mak Ganjar Jawa Barat (Jabar) berusaha meningkatkan kapasitas para perajin batik yang ada di Cirebon.

Hal itu dilakukan untuk menjaga warisan seni berupa batik Cirebon yang memiliki motif yang khas bahkan sudah mendunia yakni Mega Mendung.

Mak Ganjar Jabar pun menggelar kegiatan pelatihan membuat batik bersama puluhan mak-mak di Desa Kali Tengah, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (8/3).

"Pelatihan membuat batik ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi mak-mak dalam membuat batik," kata Koorwil Mak Ganjar Jabar, Nurapsi, Rabu (8/3).

Menurut dia, hal tersebut akan berdampak pada peningkatan kualitas SDM para pegrajin dalam mendukung citra pariwisata di Cirebon.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Nurapsi, Mak Ganjar mengadakan pelatihan membuat batik dengan pertimbangan proses pembuatan yang ramah lingkungan serta tidak mengakibatkan terganggunya ekosistem di lingkungan sekitar.

"Kami coba memanfaatkan sumber dan bahan-bahan yang ada, tentunya agar aktivitas pembuatan batik tetap membudaya tetapi ramah lingkungan," kata dia.

Pelatihan tersebut, kata Nurapsi tetap mengedepankan ciri khas Batik Trusmi Cirebon yang selama ini sudah mengakar dan dikenal di kalangan masyarakat lokal maupun mancanegara.

Mak Ganjar Jabar menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para perajin batik di Cirebon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News