Sabtu, 15 Desember 2018 – 06:44 WIB

Makan Ikan Sejak Kecil Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kamis, 07 Juni 2018 – 20:41 WIB
Makan Ikan Sejak Kecil Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara - JPNN.COM

jpnn.com - Dalam sebuah studi eksperimental, telah ditunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 selama awal pertumbuhan dan perkembangan bisa memainkan peran dalam mengurangi risiko kanker payudara di kemudian hari.

Tetapi tidak semua omega-3 diciptakan sama. Secara struktural, asam lemak omega-3 yang ditemukan pada tumbuhan dan makanan laut adalah molekul yang berbeda.

"Makan ikan berminyak bisa menunda menopause hingga tiga tahun. Banyak penelitian sampai saat ini menunjukkan bahwa manfaat lemak omega-3 bisa dikaitkan dengan yang ditemukan dalam makanan laut termasuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)," kata para peneliti Universitas Guelph, seperti dilansir laman Independent.

BACA JUGA: Ingin Cepat Punya Anak? Konsumsi Ikan Bisa Jadi Solusi

Sebaliknya, asam lemak omega-3 pada tumbuhan seperti rami dan kanola yang mengandung asam alfa-linolenat (ALA) dianggap kurang manjur.

Peneliti Universitas Guelph melakukan penelitian pada tikus yang membandingkan dampak ALA versus EPA + DHA pada perkembangan tumor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keduanya bermanfaat dalam mengubah perkembangan kelenjar susu untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Mereka juga mengurangi ukuran tumor dan multiplisitas setelah terjadinya kanker payudara.

SHARES
TAGS   makan ikan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar