Makan Makanan Yang Sehat Dapat Menurunkan Risiko Depresi

Makan Makanan Yang Sehat Dapat Menurunkan Risiko Depresi
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Mengikuti diet rendah daging olahan bahkan jika Anda tidak melakukannya dengan sempurna bisa membantu dalam mencegah depresi, menurut sebuah studi baru yang besar.

“Anda bisa makan segalanya tapi Anda harus tetap menyeimbangkan pola makan Anda dengan makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan ikan dan menghindari makanan cepat saji dan daging olahan,” kata penulis studi, Almudena Sanchez-Villegas dari Universitas Las Palmas de Gran Canaria, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (15/10).

Pada awal penelitian, peneliti menanyakan 15.000 lulusan universitas Spanyol yang belum pernah depresi apa yang biasanya mereka makan. Kemudian mereka bertanya lagi 10 tahun kemudian.

Para peneliti melihat seberapa dekat diet sehari-hari peserta dimana mereka mengonsumsi jumlah tinggi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan ikan dan menghindari daging olahan. Prinsip-prinsip ini merupakan bagian dari diet Mediterania dan diet sehat lainnya.

Setelah 8,5 tahun, 1.550 orang dalam studi ini melaporkan didiagnosa dengan depresi atau menggunakan obat antidepresan.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang dalam penelitian yang menjalani pola hidup sehat memiliki risiko lebih rendah mengalami depresi dibandingkan mereka yang tidak mengikuti diet ini sama sekali.

Sebagai contoh, risiko depresi selama periode penelitian untuk orang-orang yang menjalani diet Mediterania adalah sekitar 25 sampai 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mematuhi diet sama sekali.

“Para peneliti tidak tahu pasti apa yang mungkin menjelaskan hubungan antara pola diet dan risiko orang depresi. Namun, salah satu mekanisme potensial adalah bahwa orang-orang yang mengikuti pola-pola ini mungkin memiliki risiko lebih rendah dari depresi karena mereka mendapatkan tingkat yang memadai dari beberapa mikronutrien, seperti vitamin B, asam folat atau seng yang semuanya penting untuk kesehatan otak," pungkas Sanchez-Villegas.

Mengikuti diet rendah daging olahan bahkan jika Anda tidak melakukannya dengan sempurna bisa membantu dalam mencegah depresi, menurut sebuah studi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News