Makan Tiga Bar Cokelat Bisa Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Makan Tiga Bar Cokelat Bisa Mengurangi Risiko Gagal Jantung
Cokelat hitam. Foto: Telegraph

jpnn.com - Banyak orang sering percaya bahwa untuk hidup sejahtera mungkin mereka perlu menghilangkan semua bentuk camilan manis dari makanan mereka. Namun, sebuah penelitian terbaru yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology di Munich menyatakan bahwa moderasi, bukan deprivasi, adalah kunci dalam mencegah masalah jantung di kemudian hari.

Sebuah tim peneliti meneliti lebih dari setengah juta orang dewasa untuk menentukan bagaimana konsumsi cokelat berdampak pada kesehatan jantung. Mereka sampai pada kesimpulan bahwa mengonsumsi hingga tiga batang cokelat per bulan bisa mengurangi risiko gagal jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi coklat sama sekali.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi cokelat juga bisa menyebabkan 17 persen peningkatan risiko gagal jantung, itulah mengapa penting untuk tidak berlebihan.

Dr. Chayakrit Krittanawong,resident at the Icahn School of Medicine at Mount Sinai in New York dan peneliti utama studi ini, menjelaskan bagaimana flavonoid yang ditemukan dalam cokelat bisa bermanfaat bagi kesehatan seseorang.

"Saya percaya bahwa coklat adalah sumber makanan penting flavonoid yang berhubungan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik," kata Krittanawong, seperti dilansir laman Independent.

Krittanawong juga mengatakan bahwa mengonsumsi flavonoid bisa meningkatkan kadar nitrit oksida yang ditemukan di dalam tubuh, yang pada gilirannya, bisa meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

"Namun, cokelat mungkin memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi. Saya akan mengatakan konsumsi cokelat hitam sedang baik untuk kesehatan," pungkas Krittanawong.

Tim yang melakukan penelitian ini meneliti lima studi terpisah untuk penelitian mereka, yang terdiri dari 575.852 individu secara total. Mereka menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan antara asupan cokelat dan kesehatan jantung.

Makan tiga batang cokelat setiap bulan dipercaya bisa secara drastis mengurangi risiko mengalami gagal jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News