Makanan Asal India Diamankan

Makanan Asal India Diamankan
Makanan Asal India Diamankan
SAMPIT – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengamankan sejumlah barang impor berupa produk makanan asal India yang dijual di swalayan di Kota Sampit. Produk makanan berbagai jenis itu diamankan karena tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia sesuai ketentuan Undang-undang Perlindungan Konsumen.

“Barang impor (asal India) yang tidak menggunakan Bahasa Indonesia terpaksa kami amankan. Barang itu memang diimpor langsung lewat Jakarta dan dikonsumsi orang india di sini,” kata Kepala Disperindag Kotim, Juniardi, Rabu (14/12). Produk india yang diamankan itu berupa beras putih, beras merah, dan kacang.

Temuan tersebut terungkap setelah dilakukan razia di sejumlah swalayan dan toko di Kota Sampit. Razia itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang hari besar keagamaan, khususnya Hari Natal dan Tahun Baru. “Hal ini sesuai dengan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dimana kami akan mengawasi dan melihat langsung barang-barang yang tidak layak dikonsumsi,” kata Juniardi.

Menurutnya, produk yang diamankan itu hanya sebagian sebagai sampel untuk bukti. Selanjutnya, pihaknya akan memberi teguran kepada pemilik swalayan dan segera menarik produk itu karena dinilai cukup membahayakan konsumen. “Kalau ada temuan seperti ini, akan kita catat dan tarik supaya tidak lagi dipajang di swalayan dan akan memberi peringatan ke pemilik swalayan-nya,” jelasnya.

SAMPIT – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengamankan sejumlah barang impor berupa produk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News