Makanan Ini Bantu Anda Melawan Kanker Prostat

Makanan Ini Bantu Anda Melawan Kanker Prostat
ilustrasi. Foto: IST

jpnn.com - SEIRING dengan bertambahnya usia, pria harus lebih waspada terhadap kesehatan reproduksi mereka. Para peneliti biasanya menilai tingkat prostate-specific antigen (PSA), tes darah umum yang digunakan untuk menyaring kanker prostat.

Tingkat PSA tinggi seringkali merupakan indikator untuk penyakit ini. Tes ini digunakan untuk menilai kanker prostat pada pria tanpa gejala atau pada mereka dengan gejala-gejala penyakit, yang mencakup lambat atau lemah buang air kecil, perlu untuk sering buang air kecil (terutama pada malam hari), darah dalam urin, disfungsi ereksi, sakit di pinggul atau punggung, kelemahan atau mati rasa pada kaki atau kaki atau hilangnya kontrol kandung kemih.

Laki-laki yang sehat biasanya memiliki jumlah PSA yang lebih rendah dari 4 nanogram per liter darah. Jumlah yang lebih tinggi sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Para peneliti menemukan hubungan antara kadar yang lebih tinggi nutrisi tertentu dan penurunan kadar PSA pada pria, menunjukkan bahwa diet tinggi nutrisi ini bisa mengurangi risiko kanker prostat dan bahkan membantu membalikkan kanker pada pria yang menderita penyakit ini.

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk melawan pembesaran prostat, seperti dilansir laman Care2, Kamis (10/9):

1. Karotenoid dikenal sebagai fitonutrien (tanaman nutrisi) yang ditemukan dalam makanan seperti wortel, ubi jalar, aprikot, mangga, labu, tomat, pepaya, persik, squash dan makanan sama-berwarna lainnya.

Mereka termasuk: Beta karoten, lutein dan lycopene. Para peneliti menemukan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari nutrisi ini mengakibatkan pengurangan PSA pada pria dinilai.

2. Karoten ditemukan dalam aprikot, brokoli, wortel, sawi, sayuran hijau, kale, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam, labu dan tomat.

SEIRING dengan bertambahnya usia, pria harus lebih waspada terhadap kesehatan reproduksi mereka. Para peneliti biasanya menilai tingkat prostate-specific

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News