JPNN.com

Makanan Ini Bisa Mempercepat Proses Penuaan

Senin, 04 November 2019 – 11:20 WIB Makanan Ini Bisa Mempercepat Proses Penuaan - JPNN.com

jpnn.com - Memanjakan diri dengan segelas es krim sambil menonton acara favorit memang asyik, tetapi hal itu bukan tanpa risiko. Sederhananya, gula adalah berita buruk bagi kesehatan Anda, terutama gula jenis olahan. Mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan berat badan, meningkatkan risiko penyakit jantung dan bahkan mempercepat proses penuaan.

"Gula yang terdapat dalam makanan dengan indeks glikemik yang lebih tinggi bisa menyebabkan kadar insulin kita melonjak, yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh," kata Deanne Mraz Robinson, MD, FAAD papan yang berbasis di Connecticut dokter kulit bersertifikat, seperti dilansir laman Sheknows, Minggu (3/11).

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin. Dengan kata lain, penipisan atau kerusakan pada kedua protein tersebut adalah bagian dari alasan bahwa tubuh keriput sebelum waktunya. Karena hampir mustahil untuk menghindari semua bentuk gula dan bahan bakar yang membuat kita terus bergerak. Maka penting untuk memahami mengapa dan bagaimana kita perlu membatasi konsumsi gula kita.

Gula, dalam segala bentuk, adalah karbohidrat sederhana yang memicu respons glikemik dalam tubuh kita, meskipun berbagai jenis gula memiliki efek berbeda pada kadar gula darah. Makanan seperti kacang-kacangan, ubi jalar, sebagian besar buah-buahan, gandum, pasta dan nasi dikonversi lebih baik bagi kita karena mereka dicerna dengan lambat.

Roti putih, serpihan jagung, kentang cokelat muda, dan makanan olahan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena mereka menghasilkan peningkatan insulin yang cepat dan kemudian jatuh dengan cepat.

"Lonjakan insulin kronis menyebabkan peradangan dan bisa menyebabkan kulit kemerahan, berjerawat dan berkerut," kata Anthony Youn, M.D., F.A.C.S., dan pembawa acara podcast Plastic Surgery Show Show.

Pasangkan protein sehat dengan karbohidrat karena mereka bisa memperlambat respons glikemik tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung serat dan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan bisa membantu menstabilkan gula darah. Tapi itu bukan satu-satunya proses yang harus kita khawatirkan - ada glikasi, yang juga berperan dalam penuaan dini.

Glikasi mengacu pada ikatan molekul gula ke lemak dan protein. Ketika ini terjadi, maka ia membentuk Advanced Glycation End products (AGEs), yang mengubah serat protein. Kolagen dan elastin adalah serat protein yang membuat kita terlihat muda dan mereka yang paling rentan, karena begitu mereka rusak, maka mereka akan menjadi kering. "Ini bisa membuat kulit kita menua, membuatnya lebih tipis dan lebih kasar" jelas Youn.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...