Senin, 10 Desember 2018 – 09:30 WIB

Makanan Sehat ini Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Selasa, 04 Desember 2018 – 23:29 WIB
Makanan Sehat ini Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2 - JPNN.COM

jpnn.com - Penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi whole grain bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 34 persen untuk pria dan hingga 22 untuk wanita. Penelitian ini mengikuti 55.000 peserta selama 15 tahun.

Memang tidak mengherankan bahwa diet seimbang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda, membantu melindungi Anda dari kanker, stroke dan penyakit kardiovaskular. Namun kini, sebuah studi baru dari para peneliti di Universitas Chalmers dan Pusat Penelitian Masyarakat Kanker Denmark mengungkapkan bahwa biji-bijian mungkin sangat bermanfaat jika Anda mencoba untuk mencegah diabetes tipe 2.

Tentu saja, untuk melihat manfaat-manfaat ini, para individu harus mengonsumsi sejumlah besar biji-bijian setiap hari, yang menurut penelitian, paling sedikit 50 gram atau satu porsi bubur gandum dan satu potong roti gandum, misalnya .

Dan sementara tidak semua biji-bijian diciptakan sama, ketika datang diabetes tipe 2, rye, oat dan gandum, semuanya menawarkan manfaat perlindungan yang sama.

"Hasil penelitian kami sejalan dengan saran diet yang merekomendasikan beralih makanan yang mengandung tepung putih ke gandum utuh," kata profesor di Divisi Makanan dan Ilmu Gizi dan peneliti senior pada studi ini, Rikard Landberg, seperti dilansir laman MSN.

"Anda mendapatkan manfaat kesehatan ekstra - tepung putih memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan, sementara wholegrain memiliki beberapa efek positif, di luar perlindungan terhadap diabetes tipe 2," jelas Landberg.

Terlebih lagi, Landberg mencatat bahwa kita tidak boleh berasumsi karbohidrat itu buruk. Sebaliknya, kita harus ingat bahwa karbohidrat adalah kelompok makanan yang sangat bervariasi, termasuk gula, pati dan serat. (fny/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar