Makanan yang Menurunkan Kolesterol dan Penyakit Jantung

Makanan yang Menurunkan Kolesterol dan Penyakit Jantung
ILUSTRASI. India Times

jpnn.com - Kolesterol jahat merupakan penyebab terjadinya aterosklerosis yaitu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Pengerasan pada pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner akan menjadi sempit dan menghalangi aliran darah yang mengalir di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner (PJK).

Berikut ini beberapa makanan penurun kolesterol tinggi dan buah-buahan yang mengandung banyak senyawa yang berkhasiat mencegah atau menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah Anda dan membersihkan plak dari arteri dan mengurangi peradangan, seperti dilansir laman India Times, Selasa (22/9).

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang mencegah pembentukan bekuan darah dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah (diastolik serta sistolik).

2. Delima

Penelitian menunjukkan bahwa buah ini membersihkan plak yang membangun dari arteri dan memicu produksi oksida nitrat dalam darah yang membuka arteri dan mengurangi tekanan darah.

3. Kunyit

Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit mengurangi deposit lemak di arteri oleh lebih dari 25 persen.

4. Tomat

Tomat dan buah-buahan berwarna oranye dan merah lainnya mengandung lycopene, yang merupakan pigmen yang memberikan mereka warna cerah mereka. Lycopene membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam darah yang mengarah ke aterosklerosis. Senyawa ini menjadi kuat ketika tomat yang dimasak.

Kolesterol jahat merupakan penyebab terjadinya aterosklerosis yaitu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Pengerasan pada pembuluh darah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News