Makassar Bersiap Selenggarakan Forum ASEAN untuk Penyandang Disabilitas

Makassar Bersiap Selenggarakan Forum ASEAN untuk Penyandang Disabilitas
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kota Makassar dipilih Kementerian Sosial akan menjadi tuan rumah ASEAN High Level Forum (AHLF) on Disability-Inclusive Development and Partnership beyond 2025.

Forum tingkat tinggi tentang Penyandang Disabilitas ini akan dihadiri 200 peserta dari perwakilan Badan Sektor ASEAN, organisasi terafiliasi asean, organsiasi penyandang disabilitas, mitra wicara ASEAN, dan akademisi. 

Agenda internasional ini akan dilaksanakan di Makassar pada tanggal 10 – 12 Oktober 2023. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangannya mengatakan pergelaran AHLF menjunjung semangat keberpihakan negara-negara ASEAN kepada penyandang disabilitas. 

"No one left behind, jadi tidak ada seorangpun yang tertinggal termasuk disabilitas," kata Risma dalam keterangannya, Selasa (26/9).

Rencananya, para delegasi diagendakan tiba di Makassar pada tanggal 8 dan 9 Oktober 2023 di Makassar dan agenda utama akan dimulai pada 10 s.d 11 Oktober dimana para delegasi akan membahas 4 isu utama.

Pelaksanaan AHLF 2023 di Makassar dilakukan seiring dengan adanya review atau Midterm Review of AEM 2025 terhadap komitmen dan upaya nyata dalam pengarusutamaan hak penyandang disabilitas yang telah berjalan selama ini.

Risma menyebutkan pembahasan akan dilaksanakan dalam diskusi panel yang membahas tentang mengarusutamakan perspektif global tentang penyandang disabilitas dan agenda inklusi dalam tiga Pilar ASEAN.

Kota Makassar dipilih Kementerian Sosial akan menjadi tuan rumah ASEAN High Level Forum (AHLF) on Disability-Inclusive Development and Partnership beyond 2025

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News