Makin Diminati, Jak Lingko Sudah Angkut 5 Juta Penumpang

Makin Diminati, Jak Lingko Sudah Angkut 5 Juta Penumpang
Gubernur DKI Anies Baswedan bersama para pengusaha transportasi penyedia armada yang tergabung dalam program Jak Lingko. Foto: dokumentasi Transjakarta

jpnn.com, JAKARTA - Program transportasi bertitel Jak Lingko yang digagas Gubernur DKi Anies Baswedan kian menyedot minat warga. Sejak diluncurkan pada awal Oktober lalu, Jak Lingko telah mengangkut 5 juta orang.

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, jumlah pengguna Jak Lingko rata-rata hariannya mencapai 50 ribu-60 ribu orang. Bahkan, rekornya pernah mencapai 68.404 penumpang.?

“Ini menjadi bukti program Jak Lingko diminati dan dibutuhkan warga Jakarta. Setidaknya Jak Lingko memudahkan mereka mengakses Transjakarta melalui angkutan kota kecil,” ujar Agung.

Lebih lanjut Agung mengatakan, bertambahnya minta warga terhadap Jak Lingko merupakan hal wajar. Sebab, penumpang cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk sekali perjalanan hingga tempat tujuan.

“Warga menikmati program ini karena dalam waktu tiga jam, mereka bisa ke mana saja hanya dengan membayar Rp 5.000 saja,” katanya.

Menurut Agung, kartu Jak Lingko yang sebelumnya bernama OK Otrip pun makin diminati warga. Saat ini sudah sudah 96.622 kartu Jak Lingko yang terjual.?

Untuk tahap awal, program itu baru mengintegrasikan Transjakarta dengan angkutan kota (angkot) dan bus kecil saja. Namun, Jak Lingko akan dikembangkan untuk mengintegrasikan antar-moda transportasi yang ada di Jakarta termasuk kereta ringan cepat atau light rail transit (LRT) dan Moda Raya Terpadu atau mass rapid transit (MRT).?

“Untuk tahap awal Jak Lingko merupakan integrasi TransJakarta dengan angkutan kota dan bus kecil. Tapi saat LRT dan MRT beroperasi, semua akan terintegrasi menjadi satu. Termasuk commuter line,” ujarnya.?

Program transportasi bertitel Jak Lingko yang digagas Gubernur DKi Anies Baswedan menyedot minat warga. Hingga kini sudah 5 juta penumpang pengguna Jak Lingko.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News