Malam ini 71 Tahun Lalu di Rumah Bung Karno

Malam ini 71 Tahun Lalu di Rumah Bung Karno
Bung Karno. Foto: Publik Domain.

jpnn.com - PEGANGSAAN Timur 56 Jakarta. Pukul 10 malam. Sebuah sekuel bersejarah di rumah Bung Karno.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Soekarno dan Sayuti Melik sedang merundingkan persiapan-persiapan menuju kemerdekaan Indonesia sebagaimana yang dijanjikan Jepang, ketika sejumlah pemuda datang bertamu. 

Wikana, pimpinan pemuda-pemuda tersebut langsung masuk ke pokok persoalan.  

"Sekarang, Bung!" tandasnya. "Sekarang! Malam ini juga kita kobarkan revolusi yang meluas. Kita mempunyai pasukan PETA, pasukan pemuda, Barisan Pelopor, bahkan Heiho sudah siap."

Belum lagi Bung Karno menjawab, pemuda 31 tahun itu kembali menyambung pinta. "Dengan satu isyarat Bung Karno, seluruh Jakarta akan terbakar. Ribuan pasukan bersenjata sudah siap sedia akan mengepung kota. Menjalankan revolusi bersenjata yang akan menjungkirkan tentara Jepang."

Situasi memang genting. Tapi, Bung Karno yang kala itu berumur 46 tahun tetap tenang. Sembari berusaha mengendalikan para pemuda itu, perlahan dia menjawab…

"Saya tahu bahwa engkau semua mengadakan rapat-rapat rahasia selama ini. Akan tetapi kalian tidak kompak. Tidak ada persatuan di antaramu semua. Ada golongan kiri, ada golongan Sjahrir, ada golongan intelektuil. Semua itu membikin keputusan sendiri-sendiri terlepas dari yang lain."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News