Malam Ini Banjir Melanda Banyumas dan Cilacap, Petugas Bersiaga

Malam Ini Banjir Melanda Banyumas dan Cilacap, Petugas Bersiaga
Tangkapan layar video tentang banjr di Wanareja yang disebarkan melalui grup WhatsApp "Siaga Bencana Cilacap", Rabu (27/10/21) malam. Foto: ANTARA/Sumarwoto

jpnn.com, PURWOKERTO - Hujan dengan intensitas lebat yang terjadi sejak Rabu siang membuat sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah, dikepung banjir.

Permukiman warga di RT 03 RW 04 Dusun Karet, Kelurahan Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas, tergenang banjir.

"Hujan lebat yang terjadi sejak pukul 13.00 WIB mengakibatkan tanggul Sungai Angin jebol sepanjang 10 meter pada pukul 18.30 WIB," kata Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas Ady Candra saat dihubungi di Purwokerto, Banyumas, Rabu malam.

Menurut dia, banjir akibat tanggul jebol tersebut masuk ke dalam rumah milik Mujiman dan Sudiarjo, sedangkan sebelas rumah lainnya hanya tergenang di pelatarannya.

"Genangan banjir mulai surut pada pukul 21.30 WIB dan tidak ada korban jiwa. Hasil koordinasi di lapangan akan dilakukan penanganan, yakni penambalan tanggul yang jebol besok pagi, Kamis (28/10)," katanya. 

Selain di Grumbul Karet, banjir juga dilaporkan sempat menggenangi sejumlah wilayah di Desa Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Banyumas, pada Rabu (27/10) sore saat terjadi hujan lebat.

Sementara di Kabupaten Cilacap, hujan lebat yang terjadi sejak Rabu (2710) sore mengakibatkan aliran Sungai Cigegemeh dan Sungai Cilaca melimpas sehingga menggenangi sejumlah wilayah di Desa Wanareja dan Limbangan, Kecamatan Wanareja, serta Desa Salebu, Kecamatan Majenang.

Dalam rekaman video yang dibagikan melalui grup WhatsApp "Siaga Bencana Cilacap" (grup yang dikelola Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cilacap, red.) arus banjir yang menggenangi Pasar Karanggendot, Desa Limbangan, pada Rabu petang sangat deras hingga menghanyutkan sebuah gerobak dagangan.

Hujan dengan intensitas lebat yang terjadi sejak Rabu siang membuat sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas dan Cilacap, dikepung banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News