Malaysia Gencar Dekati Perusahaan AS, Sudah Banyak yang Kepincut

Malaysia Gencar Dekati Perusahaan AS, Sudah Banyak yang Kepincut
Menteri Ekonomi dan Perdagangan Internasional Malaysia, Mohamed Azmin Ali saat pertemuan virtual Retreat Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-28, Kamis. Foto: ANTARA Foto/Ho-MITI (1)

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Seperti Indonesia, Malaysia juga tengah merayu perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat agar mau berinvestasi di Negeri Jiran tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Misi Perdagangan dan Investasi (TIM) yang diketuai Menteri Senior Perdagangan Internasional dan Industri Mohamed Azmin Ali ditargetkan menarik investasi baru sebesar RM 14,62 miliar (Rp 212,37 triliun) dari para pemodal AS.

"Kita akan membuat beberapa pengumuman besar dalam beberapa hari yang akan datang dari segi jumlah investasi baru yang datang dari komitmen perusahaan-perusahaan tersebut," kata Azmin dalam satu pernyataan pers, Rabu.

Sejak 8 Mei lalu, TIM sudahb berada di Negeri Paman Sam untuk kunjungan yang dijadwalkan berlangsung selama 10 hari.

Azmin mengatakan sejauh ini sudah banyak perusahaan yang berbasis di negara tersebut menyatakan komitmen untuk mengembangkan operasi dan kehadiran mereka di Malaysia.

Berbeda dengan Presiden Jokowi yang menjadikan produsen mobil listrik Tesla sebagai target utama, delegasi Malaysia memilih perusahaan teknologi tinggi seperti produsen semikonduktor global, Texas Instruments Inc. dan pemasok bahan global untuk industri pemasangan elektronik dan pembungkusan semikonduktor, Indium Corporation.

Azmin juga dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan lebih banyak pelaku industri teknologi tinggi dalam lawatannya ke San Francisco, Seattle dan Los Angeles.

Dia memberi jaminan bahwa Kementerian Perdagangan Internasional dan Industri (MITI) akan meneruskan misi perdagangan untuk menarik lebih banyak investasi dan yakin investasi berkualitas tinggi akan mewujudkan lebih banyak pekerjaan untuk rakyat Malaysia.

Malaysia tengah gencar merayu perusahaan-perusahaan besar AS agar mau berinvestasi. Bakal bersaing dengan Indonesia?

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News