Malaysia Persulit Transeksual Ubah Status

Malaysia Persulit Transeksual Ubah Status
Malaysia Persulit Transeksual Ubah Status
KUALA LUMPUR - Seorang transeksual asal Malaysia tengah berjuang mendapatkan statusnya setelah pengadilan menolak menyetujui pergantian jenis kelamin pada kartu identitasnya. Pria yang tidak disebutkan identitasnya, karena alasan keamanan itu, telah melakukan operasi kelamin menjadi perempuan di Thailand, empat tahun lalu.

   

Pengacaranya, Wong Kah Who, mengatakan bahwa majelis hakim pengadilan tinggi, pada Jumat (7/1), merasa simpati dengan kasus kliennya. Namun hakim tidak bisa mengabulkan permohonannya karena tidak dasar hukum yang berkaitan dengan hal itu.

"Pengadilan menyatakan tidak siap untuk menyetujui permohonan tersebut karena tidak punya wewenang untuk itu. Klien saya kecewa dengan keputusan itu. Tapi dia akan terus berjuang untuk hak-haknya dan akan mengajukan banding untuk keputusan itu," kata Wong kepada Associated Press. 

Operasi pergantian jenis kelamin adalah legal di Malaysia. Namun seorang transeksual seringkali tidak bisa secara legal mengganti status jenis kelaminnya. Aktifis memperkirakan tidak kurang dari 50 ribu transeksual di Malaysia. Sebagian dari mereka menghadapi prasangka buruk dari masyarakat dan susah menjadi pekerjaan.

KUALA LUMPUR - Seorang transeksual asal Malaysia tengah berjuang mendapatkan statusnya setelah pengadilan menolak menyetujui pergantian jenis kelamin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News