Mana yang Lebih Baik, Teh Tubruk atau Celup?

Mana yang Lebih Baik, Teh Tubruk atau Celup?
Minum secangkir teh. ILUSTRASI. Foto: Laman Instyle

jpnn.com - Teh mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat teh bagi tubuh yakni, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, risiko Alzheimer, tingkat depresi, serta mencegah osteoporosis dan membantu menurunkan berat badan.

Kayanya manfaat teh karena kandungan antioksidan yang bernama katekin, kafein, teofilin dan teobromin.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis teh yang kerap dikonsumsi, yakni teh tubruk dan celup. Lalu di antara kedua teh tersebut, mana yang paling baik untuk kesehatan tubuh?

Teh tubruk merupakan teh yang dibuat dengan mencampurkan teh langsung dengan air, lalu diminum tanpa ada penyaringan.

Sedangkan pada teh celup, daun teh diolah menjadi potongan kecil lalu dimasukkan ke dalam kantong.

Menurut pakar teh, jenis teh tubruk memiliki kandungan nutrisi yang tetap terjaga dibandingkan dengan teh celup. Hal ini disebabkan zat katekin yang terdapat di dalam teh celup bisa berkurang jika tersimpan lama di dalam kemasan, sehingga manfaat teh yang baik bagi tubuh pun akan berkurang.

Untuk teh celup, jika Anda tidak memperhatikan cara penyajian yang benar justru akan berbahaya bagi tubuh. Kantong teh yang digunakan memiliki kandungan klorin sebagai antibakteri yang membuat kemasan teh menjadi tahan lama.

Proses pencelupan teh seharusnya tidak lebih dari 5 menit. Karena jika masih diseduh setelah 5 menit akan membahayakan kesehatan.

Di Indonesia ada beberapa jenis teh yang kerap dikonsumsi, yakni teh tubruk dan celup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News