Mana yang Lebih Banyak Membakar Kalori, Zumba atau Aerobik?

Mana yang Lebih Banyak Membakar Kalori, Zumba atau Aerobik?
Instruktur Nina sedang memimpin gerakan zumba for kids. FOTO : JPNN

jpnn.com - Aerobik dan zumba olahraga yang banyak digemari, khususnya wanita, dari berbagai kalangan dan usia. Namun bila fokus Anda adalah untuk menurunkan berat badan, mana yang mampu membakar lebih banyak kalori, aerobik atau zumba?

Zumba atau aerobik?

Zumba adalah olahraga berenergi tinggi yang terinspirasi dari tarian Latin, serta diiringi lagu-lagu populer terbaru dan dengan koreografi yang terstruktur. Dengan demikian, zumba bisa menjadi olahraga yang menyenangkan untuk membakar kalori. 

Gerakan zumba juga cukup berfokus pada seluruh anggota tubuh, sehingga sangat efektif dalam program penurunan massa lemak tubuh secara keseluruhan.

Sebuah penelitian pada 2012 menemukan bahwa melakukan zumba dapat membakar rata rata 9,5 kalori per menitnya. Ini sama dengan membakar 570 kalori per jamnya. 

Sementara itu, olahraga aerobik merupakan gerakan ritmis cepat dan teratur yang digabungkan dengan peregangan serta penguatan otot tubuh. Tujuan utamanya adalah untuk membakar kalori dan menyehatkan fungsi jantung.

Dari sisi pembakaran kalori, aerobik disebut mampu membakar 6 kalori per menit. Dengan demikian, dalam 1 jam melakukan aerobik, Anda dapat membakar sampai 360 kalori.

Lewat penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa zumba mampu membakar lebih banyak kalori dibandingkan senam aerobik. Jadi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat, zumba bisa dijadikan prioritas di antara keduanya.

Bila fokus Anda adalah untuk menurunkan berat badan, mana yang mampu membakar lebih banyak kalori, aerobik atau zumba?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News