Manfaat Brokoli untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Brokoli untuk Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Brokoli. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Penderita asam urat tentunya tahu bahwa harus berhati-hati dalam memilih makanan dan tidak boleh nekat mengonsumsi makanan yang tinggi purin.

Ada pula makanan yang harus dibatasi, artinya hanya boleh dimakan dalam jumlah sedikit dan dalam frekuensi yang jarang.

Nah, salah satu makanan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah brokoli. Apa saja manfaat sayuran ini untuk asam urat?

Penyakit asam urat, atau istilah medisnya adalah artritis gout, adalah penyakit yang menyebabkan nyeri di persendian, yang bisa disertai kemerahan dan bengkak. Jika kambuh, tentu saja ini dapat mengganggu aktivitas.

Asam urat adalah kondisi terjadinya penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan. Kristal asam urat yang berlebihan inilah yang akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi pada persendian.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin.

Jika jumlah asam urat di dalam tubuh berlebih, kelebihannya tersebut dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh dalam bentuk kristal monosodium urat (kristal asam urat).

“Pada tahap awal, biasanya tidak menimbulkan gejala hingga akhirnya terjadi penumpukan kristal pada berbagai organ, apalagi jika tidak diterapi dengan tepat,” jelas dr. Alvin.

Asam urat merupakan kondisi terjadinya penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News