Senin, 22 Juli 2019 – 04:07 WIB

Minum Susu Bikin Kambuh Asam Urat?

Selasa, 05 Maret 2019 – 05:15 WIB
Minum Susu Bikin Kambuh Asam Urat? - JPNN.COM

jpnn.com - Jeroan atau isi perut hewan merupakan musuh utama orang-orang yang mengalami penyakit asam urat. Hal ini karena jenis makanan tersebut mendangung kadar purin yang tinggi, sehingga bisa bikin kadar asam urat melonjak dahsyat.

Tak hanya jeroan dan makanan yang mengandung purin (atau purina) tinggi lainnya, penderita asam urat rupanya juga harus waspada terhadap susu. Pasalnya, susu disebut dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh.

Mengenal asam urat

Dalam medis, asam urat disebut dengan gout. Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, penyakit asam urat adalah suatu keadaan yang terjadi ketika terdapat penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan.

"Sebelum kristal asam urat terbentuk, biasanya terjadi peningkatan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Medis menyebutnya sebagai hiperuricemia," ujar dr. Andika.

Menurut penelitian, kondisi hiperuricemia hampir mustahil dideteksi tanpa melakukan pemeriksaan kadar asam urat secara rutin. Tak heran, hanya sepertiga dari penderita asam urat yang menyadari bahwa dirinya mengalami penyakit tersebut.

Susu bikin asam urat kambuh?

Tubuh manusia menciptakan asam urat dari pemecahan purin. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin umumnya akan menyebabkan kadar asam urat meningkat. Nah, susu sapi dan susu kedelai berasal dari sumber organik dan keduanya sama-sama mengandung purin. Susu sapi memiliki kandungan purin yang rendah, sementara susu kedelai mengandung purin dalam jumlah sedang.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar