Manfaat Camelina Oil Bagi Kesehatan

Manfaat Camelina Oil Bagi Kesehatan
FOTO: Care2

jpnn.com - Minyak camelina pertama kali digunakan di Eropa Utara ratusan tahun lalu untuk makanan, obat-obatan dan minyak lampu. Camelina oil diekstrak dari biji Camelina sativa, tanaman asli Eropa yang tumbuh baik di iklim dingin dan kering.

Kaya akan vitamin E dan sebagai antioksidan yang kuat membuat camelina oil bersifat stabil dan tidak mudah teroksidasi. Vitamin E yang dikandungnya bekerja efektif untuk menghambat dan memerangi radikal bebas dalam tubuh. Camelina oil memiliki aroma kacang-kacangan mirip dengan almond yang menyegarkan dan cocok sebagai salad dressing.

Berikut ini beberapa manfaat Camelina oil, seperti dilansir laman Care2, Rabu (7/10).

1. Tinggi omega-3

Makanan khas Amerika cenderung mengandung 14 sampai 25 kali minyak omega-6 daripada minyak omega-3. Ini adalah masalah karena berlebihan mengonsumsi minyak omega-6 telah dikaitkan dengan peradangan, kanker dan penyakit jantung.

Minyak camelina memiliki dua kali lebih banyak minyak omega-3 dan sedikit minyak omega-6 yang merupakan rasio jauh lebih sehat daripada minyak seperti zaitun, canola atau biji bunga matahari yang memiliki jumlah yang lebih tinggi dari omega-6.

Ada berbagai jenis minyak omega-3, termasuk EPA dan DHA, yang baik terutama ditemukan pada ikan. Minyak camelina tinggi di ALA (asam alfa-linolenat).

ALA telah terbukti memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung, mengatur peradangan dan meningkatkan fungsi sistem saraf pusat.

Minyak camelina pertama kali digunakan di Eropa Utara ratusan tahun lalu untuk makanan, obat-obatan dan minyak lampu. Camelina oil diekstrak dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News