Manfaat Mengejutkan dari Aktivitas Mencuci Piring

Manfaat Mengejutkan dari Aktivitas Mencuci Piring
Ilustrasi. Foto: care2

jpnn.com - TAK hanya menyelesaikan pekerjaan rumah, ternyata mencuci piring bisa memberi manfaat positif bagi seseorang. Dalam hal ini memperbaiki mood dan menjauhkan seseorang dari pemikiran buruk.

Mencuci piring merupakan pekerjaan sehari-hari yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi tidak banyak orang yang senang melakukannya dan menganggapnya menyusahkan. Jadi apakah Anda termasuk orang yang malas membersihkan dan mencuci piring Anda setelah makan? Jika iya, sebaiknya Anda pikirkan lagi hal itu.

Menurut penelitian dari sebuah studi Florida State University, mencuci piring bisa mengurangi kegelisahan dan meningkatkan kreativitas.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Mindfulness ini bertujuan untuk mengetahui apakah mencuci piring bisa menjadi latihan meditasi.

Mindfulness merupakan suatu latihan konsentrasi untuk pikiran dan emosi atau bisa juga sebagai terapi serbaguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan obesitas.

"Saya sangat tertarik pada bagaimana kegiatan duniawi dalam hidup bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan," kata penulis penelitian, Adam Hanley, seperti dilansir laman Care2, Minggu (1/11).

Team Hanley memilih mencuci piring sebagai bahan penelitian karena mencuci piring itu sendiri adalah sensor treat yakni: bau sabun, nuansa busa, bentuk dan tekstur piring.

Peneliti FSU meminta 51 mahasiswa untuk mencuci piring. Kelompok kontrol pertama membaca bagian tentang teknik pencuci piring yang tepat, sedangkan kelompok eksperimen membaca hal-hal yang menekankan pengalaman indrawi pencuci piring.

TAK hanya menyelesaikan pekerjaan rumah, ternyata mencuci piring bisa memberi manfaat positif bagi seseorang. Dalam hal ini memperbaiki mood dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News