JPNN.com

Minum Jus Ini Bisa Membuat Anda Kuat

Senin, 02 November 2015 – 09:28 WIB
Minum Jus Ini Bisa Membuat Anda Kuat - JPNN.com
FOTO: Care2

Sebuah studi baru menemukan bahwa minum jus bit mampu meningkatkan kinerja otot sebesar 13 persen.

Para peneliti sedang mencari cara khusus bagaimana makanan nitrat berat seperti jus bit yang terkonsentrasi membantu pasien gagal jantung meningkatkan fungsi otot mereka. Studi skala kecil ini menemukan bahwa pasien yang minum jus bit memiliki perbaikan dalam kekuatan yang biasanya Anda lihat setelah berbulan-bulan latihan beban.

“Kami melihat perbaikan ini dalam waktu sekitar satu jam setengah sampai dua jam setelah mereka konsumsi jus bit. Hal ini cukup dramatis,” kata peneliti, Linda Peterson, seperti dilansir laman Care2, Minggu (1/11).

Para peneliti melihat fungsi dampak nitrat otot dan ini bukan pertama kalinya peneliti telah melihat bagaimana nitrat bisa membuat Anda lebih kuat. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa ion ini juga bisa meningkatkan sirkulasi tubuh Anda.

Sudah jelas bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan, tapi karena makanan yang kaya nitrat seperti bit memiliki manfaat kesehatan lainnya maka menambahkan mereka untuk diet Anda tidak akan merugikan Anda apapun.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pasien jantung memulihkan kekuatan otot mereka, tapi ada juga bukti bahwa orang sehat bisa mendapatkan keuntungan dari efek nitrat.

“Satu masalah dalam penuaan adalah otot menjadi lebih lemah, lebih lambat dan kurang kuat. Melampaui usia tertentu, Anda kehilangan sekitar 1 persen per tahun dari fungsi otot. Jika Anda bisa meningkatkan kekuatan otot seperti yang kami lakukan dalam penelitian ini maka hal ini tentu bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi individu yang lebih tua,” kata penulis Andrew Coggan.

Ketika Anda menelan nitrat, tubuh Anda mengubahnya menjadi oksida nitrat, senyawa yang mendukung fungsi otot. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa ini tidak hanya meningkatkan kekuatan otot tetapi meningkatkan kesehatan jantung.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...