Manfaat Pepaya Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Pepaya Bagi Penderita Diabetes
Buah pepaya. Foto hallosehat

jpnn.com - Pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk mengatasi sembelit. Tapi tak berhenti di situ, manfaat pepaya untuk penderita diabetes juga besar. Bahkan, disebut-sebut, buah tropis ini dapat mengontrol kadar gula darah. Benarkah demikian?

Pepaya dan diabetes

Dijelaskan dr. Sara Elise Wijono, M.Res dari KlikDokter, pepaya memang terbukti dalam beberapa studi bisa menurunkan risiko diabetes. Buah bernama ilmiah Carica papaya ini juga sekaligus mampu mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes.

Menurut dia, meski memiliki rasa yang manis, buah pepaya punya kandungan gula yang rendah dan tidak setinggi buah-buahan lainnya, seperti mangga dan durian.

“Kadar gula darah yang rendah pada pepaya, menjadikan buah yang satu ini sehat untuk dijadikan camilan bagi para penyandang diabetes. Tidak hanya mengontrol kadar gula dalam tubuh, buah berdaging oranye ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh,” ujar dr. Sara lagi.

Namun begitu, mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula darah tidak hanya bertopang pada konsumsi buah pepaya. Anda masih harus melakukan hal lainnya. 

“Salah satu yang utama adalah menjaga pola hidup tetap sehat, seperti menghindari makanan-makanan berlemak, berminyak dan mengandung gula tinggi. Hal ini secara signifikan bisa mencegah diabetes dan juga penyakit-penyakit kronis lainnya serta menjaga gula darah tetap stabil,” ucap dr. Sara. 

Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga. Dengan begini, berat badan akan tetap seimbang sehingga tidak ada penumpukan lemak yang berisiko pada diabetes. 

Apabila Anda mempunyai penyakit diabetes, jangan segan masukkan pepaya dalam menu harian.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News